Penggunaan variabel ketika membuat program di Scratch, kita akan membuat suatu program yang akan mempelajari cara menerima input nilai dari pengguna, menggunakannya dalam perhitungan dan menampilkan nilai variabelnya. 

        Dalam pelajaran Matematika kita telah mempelajari cara menghitung jarak dua titik yang terdapat di koordinat kartesius.. pengguna akan menginput koordinat titik pertama dan kedua. Program akan menghitung jarak pada kedua titik, kemudian menampilkan hasil perhitungan kepada pengguna. 

Kalau digambarkan dalam sebuah algoritma dalam bentuk flowcart, maka dapat digambarkan seperti berikut ini:


 

    Pada program ini menggunakan beberapa variable untuk menyimpan nilai yang diberikan pengguna dan nilai hasil perhitungan. Misalnya variable X1, Y1, X2, Y2, dan Jarak. Sedangkan langkah-langkah pembuatan programnya dapat dipelajari melalui buku paket informatika halaman 90-92, atau powerpoint dan atau video MP4 yang telah disiapkan dan dibagikan bu Nita di wa grup kelas. dan di praktikkan secara mandiri, setelah berhasil programnya kita jalankan dan buat videonya / Screenshoot hasilnya. Kemudian kita kirimkan video/Screenshot hasilnya ke menu tugas praktik di GoogleClassRoom, salah satu hasil praktik dapat kita lihat melalui link: