Pada masa pembelajaran daring di kelas 8 semester 2 tahun pelajaran 2020/2021, kami memperoleh tugas praktikum mandiri dengan memilih salah satu pembuatan program dengan menggunakan aplikasi Scratch. Hal ini dimaksudkan agar kami tetap melaksanakan praktikum namun tidak terlalu banyak tugas yang membebani. Yang terpenting kami telah memahami tujuan pembelajaran tersebut. 

    Pengguna Smartphone Android pasti mengenal Google Play Store maupun App Store untuk mengunduh aplikasi. Jika kita perhatikan, di kedua store tersebut terdapat aplikasi yang beragam. Seperti Office, permaianan, belanja online, musik, edit foto/video dan lain sebagainya. Aplikasi-aplikasi tersebut dibangun menggunakan prinsip berpikir komputasional. Berpikir komputasional mempunyai 4 teknik pendekatan yang digunakan untuk memahami, menganalisis permasalahan dan mendapatkan solusi. Yaitu dekomposisi, pengenalan pola, abstraksi dan berpikir algoritma.

   Pada pembelajaran praktikum ini ditunjukkan beberapa contoh kasus yang akan diselesaikan menggunakan teknik pendekatan berpikir komputasional dengan persoalan yang lebih kompleks dan sulit. Kami belajar cara menggunakan program untuk menyelesaikan persoalan yang memiliki jejaring, pola dan algoritmik. Seperti menggambar pola fraktal, menggambar lingkaran dan juring lingkaran. 

    Selain itu, kami belajar menerapkannya untuk menyelesaikan berbagai persoalan di mata pelajaran dan bidang lain. Kami belajar menggunakan Scracth untuk membangun aplikasi yang berbeda. Pada pratikum, kami diminta untuk menerapkan yang telah kami pelajari untuk menganalisis, menyimpulkan dan mengusulkan solusi berbagai fenomena. Dalam hal ini, kami belajar menggunakan Scracth untuk menghitung berat badan ideal dengan rumus BMI (Body Mass Index), dan menghitung garis singgung lingkaran. Berikut adalah hasil karya siswa dalam praktikum menerapkan berpikir komputasional: